pengunaan hpl untuk indoor

Penggunaan HPL dan Jenisnya

Penggunaan HPL

High Pressure Laminates (HPL) merupakan material yang melapis furnitur paling terkenal dengan durabilitas dan harga yang terjangkau untuk dekorasi furnitur. HPL merupakan material yang tangguh terhadap paparan panas, air, kondisi yang lembab dan bahkan cairan kimia menjadi alasan banyak orang memilih HPL untuk mempercantik furniturnya. Penggunaan HPL yang umum adalah untuk mempercantik kayu atau permukaan suatu furnitur. Dengan perkembangan teknologi, HPL juga memberikan ketahanan ekstra karena lapisannya yang mampu melindungi dari aktivitas maupun paparan terhadap panas dan sebagainya.

Jenis HPL

Ada empat jenis utama dari HPL yang memiliki fungsi dan pemakaian khusus untuk setiap jenisnya.

  1. General Purpose: paling banyak digunakan dan umum dijumpai, biasanya digunakan untuk penggunaan pada permukaan horizontal ataupun vertikal. Ketebalannya berkisar dari 0.71mm sampai 1.22mm.
  2.  Postforming: jenis yang dapat diaplikasikan untuk permukaan yang melengkung dengan cara memanaskan dan menekannya ke permukaan yang ditentukan. Ketebalannya berkisar dari 0.97mm sampai 9.5mm 
  3. Backer: merupakan HPL tanpa lapisan dekoratif, umumnya dijual dengan standar yang lebih tipis dari HPL dekoratif yaitu 0.97mm
  4. Special Products: jenis yang tentunya spesial, karena memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh HPL jenis lainnya. Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap goresan, api, kimia dan disipatif terhadap elektrostatik. Biasanya digunakan untuk lapisan dalam kabinet atau sejenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.